Kamis, 04 September 2008

PR & Komunikasi

Fungsi dan kegiatan PR berpusat pada komunikasi

Komunikasi berarti menciptakan persamaan pengertian mengenai informasi, ide, pemikiran, dan sikap kita terhadap orang lain.

Komunikasi berasal dari bahasa Latin Communicatio, yang berarti pemberitahuan.

Communicatio bersumber dari kata communis, yang berarti sama.

Communis berarti sama arti atau sama makna.

Carl I. Hovland = Pelopor ilmu komunikasi.

Proses di mana seseorang (komunikator) menyampaikan perangsang (biasanya lambang bahasa) untuk mengubah perilaku orang lain (komunikan): Carl I. Hovland

Komunikasi untuk mengubah perilaku itulah yang dijadikan objek studi ilmu komunikasi (Hovland)

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, dan ketrampilan (Bernard Berelson & Garry A. Steiner)

Perubahan Sikap (Attitude)

Kognitif

Pengetahuan/persepsi

Afektif

Perasaan/emosional

Konatif (behavioural)

Kegiatan mental/perilaku

2 Aspek PR yang melekat & hakiki:

Sasaran PR adalah publik eksternal dan internal

Kegiatan PR adalah komunikasi 2 arah atau timbal balik

Bentuk PR yang paling ideal adalah komunikasi tatap muka (Anne van der Meiden)

Semakin banyak relasi semakin sukses sebuah PR

Hakiki dari komunikasi adalah understanding atau memahami

Persyaratan mental PR: kejujuran, integritas, dan loyalitas

Tidak ada komentar: