Kamis, 04 September 2008

2 Pengertian Komunikasi

Paradigmatik

Yaitu komunikasi komunikasi yang berlangsung menurut suatu pola dan mempunyai tujuan tertentu

Contoh: ceramah, kuliah, diplomasi, negosiasi

Nirparadigmatik

Yaitu komunikasi yang tidak berdasarkan pola dan tidak mengandung tujuan tertentu. Terjadinya komunikasi nirparadigmatik semata-mata karena konsekuensi dari hubungan sosial.

Contoh: pembicaraan antara dua orang yang tidak saling kenal di stasiun kereta api.

Komunikasi yang menjadi objek studi ilmu komunikasi adalah komunikasi paradigmatik

Peran Komunikasi dalam PR

Komunikasi merupakan sentral

Dalam setiap proses komunikasi, hubungan kemanusiaan merupakan proses yang menyangkut kepribadian, sikap, dan tingkah laku yang terjadi pada orang-orang yang terlibat

PR dalam fungsinya melaksanakan komunikasi persuasif dua arah di semua bidang kegiatan dengan maksud memberi motivasi kerja, bertanggung jawab, dan produktif

Komunikasi timbal balik dalam PR merupakan proses integrasi antarmanusia yang bersifat manusiawi, bukan hanya hubungan antarmanusia (human relations) saja.

Human relations di sini bersifat action oriented, yang menuju perasaan lahir batin

5 Komponen Komunikasi

Sumber (komunikator)

Pesan

Saluran

Komunikan (publik)

Efek

Who says What in Which Channel to Whom with what Effect (Harold D. Laswell)

Tidak ada komentar: