Senin, 15 September 2008

Komunikasi Persuasi

Persuasio (Latin): hal membujuk, hal mengajak, atau meyakinkan

Persuasi: suatu proses komunikasi antarpersona dimana komunikator berupaya dengan menggunakan lambang-lambang untuk mempengaruhi kognisi penerima, jadi secara sengaja mengubah sikap atau kegiatan seperti yang diinginkan komunikator (Kenneth E. Andersen)

Komunikasi persuasif: agar bersifat persuasif suatu situasi komunikasi harus mengandung upaya yang dilakukan oleh seseorang dengan sadar untuk mengubah perilaku orang lain atau sekelompok orang lain dengan menyampaikan beberapa pesan (Edwin P. Bettinghause)

Efek persuasi dapat dilihat selalu dari asalnya, yaitu dari perubahan sikap yang menuju perubahan opini, perubahan persepsi, perubahan perasaan, dan perubahan tindakan (Carl I. Hovland & I. Janis)

4 Faktor sentral komunikasi persuasi ditinjau dari komponen komunikan:

Komunikator

Pesan

Media

Situasi

Cara Melakukan Persuasi

Fakta

Emosi

Personalisasi

Menarik untuk “Saya”

(Fraser P. Seitel)

Pendengar yang baik (Listen to them: Hillary Clinton)

Sesuai dengan pengalaman khalayak

Memperhatikan khalayak (Paying attention)

(Saul Alinsky)

Sesuai dengan keyakinan

Sesuai dengan harapan (ekspektasi)

Tidak ada komentar: