Kamis, 28 Agustus 2008

Ruang Lingkup PR 2

PR Perusahaan

Fungsi:

Upaya mempengaruhi opini publik dengan komunikasi dua arah timbal balik.

Eksekutif PR memiliki posisi puncak dalam manajemen.

PR perusahaan banyak bergiat pada pemenuhan kebutuhan yang bersifat sosial dan rohaniah sebagai landasan untuk kebutuhan berprestasi.

Unsur-unsur manajemen ada 6 (Six M): Men, Materials, Machines, Methods, Money, and Markets.

Jenis-Jenis Pelayanan Dasar

Nasihat (Advise and Counsel)

Pelayanan komunikasi (Communications Service)

Pengkajian PR (PR Research)

Promosi PR (PR Promotion)

(Charles H. Prout)

PR Internasional

Mulai terkonsepsikan tahun 1950.

Kegiatan utama sebagai sarana pemasaran di negara-negara di benua Eropa yang baru bangkit dari reruntuhan perang, di negara-negara Amerika Latin dan negara-negara berkembang.

Dioperasikan oleh perushaan-perusahaan besar yang menitikberatkan publisitas produksi.

Philip Lesley: “Informasi dan persuasi merupakan fungsi utama dari kegiatan Inggris, Jerman Barat, Amerika, dan pemerintah lainnya di banyak negara”.

Syarat-syarat PR Internasional berkembang pesat adalah:

Pemerintahan yang mapan dan demokratis.

Sistem politik dan ekonomi yang memungkinkan dikembangkannya perusahaan pribadi dan digalakannya persaingan di segala lapangan yang menuntut kerja keras.

Media yang besar dan merdeka, yang memperoleh pengawasan pemerintah secara minimal.

(John W. Hill)

Tidak ada komentar: