Jumat, 29 Agustus 2008

Pengertian PR

PR memiliki 2 pengertian:

Technique of communication

Methode of communication

Teknik (Yunani: technikos) berarti ketrampilan

PR sebagai teknik komunikasi menggunakan cara-cara yang disertai seni-seni komunikasi tertentu

PR sebagai teknik komunikasi biasanya dilakukan oleh pimpinan organisasi

Biasanya sebuah organisasi tidak memiliki departemen PR sehingga kegiatan PR dilakukan sendiri oleh pimpinan organisasi

Unsur-Unsur PR

Citra baik (good image)

Itikad baik (goodwill)

Saling pengertian (mutual understanding)

Saling mempercayai (mutual confidence)

Saling menghargai (mutual appreciation)

Toleransi (tolerance)

Kegiatan komunikasi dalam suatu organisasi yang berlangsung dua arah secara timbal balik

Penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen suatu organisasi

Publik sasaran PR adalah publik ekstern dan intern

Operasionalisasi PR adalah membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publik dan mencegah terjadinya rintangan psikologis, baik yang timbul dari pihak organisasi maupun dari pihak publik.

Makna publik dalam PR dikaitkan dengan faktor “kepentingan yang sama” (common interest)

2 aspek pengertian publik:

Geografis

Psikologis

“A public is simply a collective noun for a group – a group of individuals tied together by some common bound of interest – and sharing a sense of togetherness” (Scott M. Cutlip & Allen H. Center)

Tidak ada komentar: