Fungsi dan kegiatan PR berpusat pada komunikasi
Komunikasi berarti menciptakan persamaan pengertian mengenai informasi, ide, pemikiran, dan sikap kita terhadap orang lain.
Komunikasi berasal dari bahasa Latin Communicatio, yang berarti pemberitahuan.
Communicatio bersumber dari kata communis, yang berarti sama.
Communis berarti sama arti atau sama makna.
Carl I. Hovland = Pelopor ilmu komunikasi.
Proses di mana seseorang (komunikator) menyampaikan perangsang (biasanya lambang bahasa) untuk mengubah perilaku orang lain (komunikan): Carl I. Hovland
Komunikasi untuk mengubah perilaku itulah yang dijadikan objek studi ilmu komunikasi (Hovland)
Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, dan ketrampilan (Bernard Berelson & Garry A. Steiner)
Perubahan Sikap (Attitude)
Kognitif
Pengetahuan/persepsi
Afektif
Perasaan/emosional
Konatif (behavioural)
Kegiatan mental/perilaku
2 Aspek PR yang melekat & hakiki:
Sasaran PR adalah publik eksternal dan internal
Kegiatan PR adalah komunikasi 2 arah atau timbal balik
Bentuk PR yang paling ideal adalah komunikasi tatap muka (Anne van der Meiden)
Semakin banyak relasi semakin sukses sebuah PR
Hakiki dari komunikasi adalah understanding atau memahami
Persyaratan mental PR: kejujuran, integritas, dan loyalitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar