Paradigmatik
Yaitu komunikasi komunikasi yang berlangsung menurut suatu pola dan mempunyai tujuan tertentu
Contoh: ceramah, kuliah, diplomasi, negosiasi
Nirparadigmatik
Yaitu komunikasi yang tidak berdasarkan pola dan tidak mengandung tujuan tertentu. Terjadinya komunikasi nirparadigmatik semata-mata karena konsekuensi dari hubungan sosial.
Contoh: pembicaraan antara dua orang yang tidak saling kenal di stasiun kereta api.
Komunikasi yang menjadi objek studi ilmu komunikasi adalah komunikasi paradigmatik
Peran Komunikasi dalam PR
Komunikasi merupakan sentral
Dalam setiap proses komunikasi, hubungan kemanusiaan merupakan proses yang menyangkut kepribadian, sikap, dan tingkah laku yang terjadi pada orang-orang yang terlibat
PR dalam fungsinya melaksanakan komunikasi persuasif dua arah di semua bidang kegiatan dengan maksud memberi motivasi kerja, bertanggung jawab, dan produktif
Komunikasi timbal balik dalam PR merupakan proses integrasi antarmanusia yang bersifat manusiawi, bukan hanya hubungan antarmanusia (human relations) saja.
Human relations di sini bersifat action oriented, yang menuju perasaan lahir batin
5 Komponen Komunikasi
Sumber (komunikator)
Pesan
Saluran
Komunikan (publik)
Efek
Who says What in Which Channel to Whom with what Effect (Harold D. Laswell)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar