PR memiliki 2 pengertian:
Technique of communication
Methode of communication
Teknik (Yunani: technikos) berarti ketrampilan
PR sebagai teknik komunikasi menggunakan cara-cara yang disertai seni-seni komunikasi tertentu
PR sebagai teknik komunikasi biasanya dilakukan oleh pimpinan organisasi
Biasanya sebuah organisasi tidak memiliki departemen PR sehingga kegiatan PR dilakukan sendiri oleh pimpinan organisasi
Unsur-Unsur PR
Citra baik (good image)
Itikad baik (goodwill)
Saling pengertian (mutual understanding)
Saling mempercayai (mutual confidence)
Saling menghargai (mutual appreciation)
Toleransi (tolerance)
Kegiatan komunikasi dalam suatu organisasi yang berlangsung dua arah secara timbal balik
Penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen suatu organisasi
Publik sasaran PR adalah publik ekstern dan intern
Operasionalisasi PR adalah membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publik dan mencegah terjadinya rintangan psikologis, baik yang timbul dari pihak organisasi maupun dari pihak publik.
Makna publik dalam PR dikaitkan dengan faktor “kepentingan yang sama” (common interest)
2 aspek pengertian publik:
Geografis
Psikologis
“A public is simply a collective noun for a group – a group of individuals tied together by some common bound of interest – and sharing a sense of togetherness” (Scott M. Cutlip & Allen H. Center)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar